Sulsel (DISULSEL.COM) – Komisi V DPR RI ingin lebih meningkatkan penyerapan anggaran Ditjen Sumber Daya Air (SDA) dan Ditjen Pembiayaan Infrastruktur Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di masa depan.

“Terkait pelaksanaan APBN Tahun Anggaran 2022, Komisi V DPR RI telah meminta Dirjen Sumber Daya Air dan Ditjen Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Kementerian PUPR untuk meningkatkan penyerapan anggaran sesuai anggaran. untuk target penyerapan tahun anggaran 2022″, kata wakil presiden Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras dalam rapat dengar pendapat (RDP) Komisi V DPR RI dengan Ditjen Sumber Daya Air dan Ditjen PUPR. Pembiayaan Infrastruktur Kementerian PUPR di gedung DPR RI, Sulsel, Senin.

Wakil Presiden Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras mengatakan, menurut penjelasan Ditjen Sumber Daya Air, pihaknya belum bisa melihat realisasi fisik, baik sesuai rencana keuangan maupun rencana fisik yang ada.

“Jadi kita tidak tahu apakah penyerapan anggarannya atau pelaksanaan kegiatannya pada tahun anggaran 2022 negatif atau positif,” kata Iwan.

Untuk itu, Komisi V DPR RI berharap pemaparan selanjutnya dapat dijadikan bahan evaluasi jika capaian realisasi anggaran Ditjen SDA positif atau negatif sejak perencanaan awal.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Kesimpulan lain dari PDR adalah Komisi V DPR RI sepakat dengan Ditjen Sumber Daya Air dan Ditjen PUPR Kementerian PUPR untuk mengadaptasi detail program dan menyempurnakan RKL. K /L o Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian/Lembaga Negara Tahun Anggaran 2023 secara lebih rinci, sesuai dengan usulan dan pendapat Komisi V DPR RI yang disampaikan dalam rangkaian pembahasan pendahuluan RAPBN Tahun Anggaran 2023.

Di tempat yang sama, Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR Jarot Widyoko menyampaikan realisasi anggaran per 2 Juli 2022 sebesar 35,09 persen atau Rp 14,9 miliar dari total pagu Rp 42,69 miliar dengan realisasi fisik sebesar 38,38 persen.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Kementerian PUPR Herry Tirta Saputra Zuna menjelaskan realisasi anggaran keuangan hingga Juni 2022 sebesar Rp 171,7 miliar dari total anggaran Rp 512,47 miliar.

Wartawan: Kata Sandi Arizona
Editor: M Razi Rahman
HAK CIPTA © DISULSEL.COM 2022



Sumber