Sulsel (DISULSEL.COM) – Kesehatan jiwa sedang hangat dibicarakan, Ringgo Agus Rahman merasa masalah ini sudah lama ada dan tidak bisa dianggap remeh.

“Jika kita berbicara tentang subjek kesehatan mental yang sekarang sedang banyak dibicarakan dimana-mana, kita tidak bisa meremehkannya. Itu selalu ada,” kata Ringgo kepada DISULSEL.COM saat ditemui di Sulsel Selatan, Jumat (23/9).

“Kadang-kadang kalau kita bicara isu yang ada, generasi yang lebih tua sering mengatakan kenapa generasi sekarang seperti itu. Sebenarnya tidak hanya sekarang. Sudah banyak,” tambahnya.

Selain itu, Ringgo juga mengatakan bahwa dia memiliki kesempatan untuk si penguntit. Namun, kini sudah banyak referensi yang bisa dipelajari masyarakat untuk lebih mengantisipasi masalah kesehatan mental.

“Berbicara menggertakSaya juga dimenggertak Bagaimana. Hanya saja istilahnya sekarang lebih untuk kita pelajari dan antisipasi,” kata Ringgo.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Di sisi lain, Nirina Zubir juga mengungkapkan pendapatnya terkait masalah kesehatan mental. Menurutnya, saat ini banyak sumber yang bisa mendatangkan “serangan” yang bisa mengganggu kesehatan mental. Misalnya, kehadiran jejaring sosial.

“Saya kira sekarang lebih banyak ruang atau arah untuk ‘serangan’ seperti itu. Dulu hanya di lingkaran itu. Sekarang di rumah, pertemanan, media sosial juga. Informasinya luas,” jelas Nirina.

Lebih lanjut, Ringgo juga mengaku keberatan jika generasi saat ini dikatakan sebagai generasi dengan pola pikir yang lembut. Menurutnya, setiap generasi tidak bisa dibandingkan dengan siapa yang lebih kuat.

“Tidak bisa dibandingkan siapa yang lebih kuat mentalnya. Generasi sekarang ini dikatakan lembek (mental). Bukan seperti itu. Generasi sebelumnya, tanpa kita sadari, tidak kuat atau apa. Bahkan banyak yang hal-hal yang traumatis juga,” kata Ringgo.

“Betul. Tapi tidak diekspos atau dimunculkan karena media sosial belum sepopuler sekarang. Ada hal baik dan buruknya. Senang bisa mendapatkan informasi dengan cepat, tapi buruknya kadang tidak. .” diukur dari umur, seharusnya tidak tahu, jadi tahu,” kata Nirina.

Ringgo sekarang bersyukur bahwa ada banyak lembaga pendukung yang dapat membantu orang-orang dengan masalah kesehatan mental. Terakhir, Nirina juga berpesan agar masyarakat tidak perlu merasa sendiri dan ingin meminta bantuan jika merasa memiliki masalah kesehatan mental.

“Saat ini lembaga bantuan itu banyak ya? Maksud saya profesional seperti dokter atau orang yang memiliki sertifikasi khusus untuk membantu orang yang membutuhkan,” kata Ringgo.

“Jangan pernah takut untuk meminta bantuan. Jika kita memiliki masalah atau apa pun, jangan takut dan jangan pernah ragu. Jangan pernah merasa bahwa kamu yang mengalami ini. Jadi kembali lagi, penting untuk berbicara dengan keluargamu, ” pungkas Nirina. .

Baca juga: Nirina Zubir Senang Dapat Peran Antagonis

Baca Juga: Adhisty Zara Tahan Air Mata Saat Tampil Bareng Nirina Zubir

Reporter: Lifia Mawaddah Putri
Redaktur: Ida Nurcahyani
HAK CIPTA © DISULSEL.COM 2022



Sumber