Bandung (DISULSEL.COM) – Persib Bandung harus siap takluk di kandang sendiri dengan skor 3-2 meski klub lawan, Bali United, bermain dengan 10 pemain pada laga putaran kedua Liga 1 2022 / 2023.

Laga kandang klub berjuluk Maung Bandung itu digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa pukul 15:30 WIB.

Bali berhasil mencuri tiga poin di Bandung lewat tiga gol yang dicetak Jean Mbarga Privat, Ilja Spasojevic dan M Rachmat. Sedangkan Persib hanya mampu mencetak dua gol dari David Da Silva dari titik putih, dan Erwin Ramdani.

Dengan kekalahan ini, Persib turun ke peringkat 12 klasemen. Sementara itu, Bali naik ke peringkat lima klasemen sementara Liga 1.

Sejak awal pertandingan, Persib tampak lebih menguasai bola sebagai tim yang bermain di kandang sendiri. Persib juga menciptakan peluang pada menit ke-7 melalui tembakan Febri Haryadi, namun bola belum bisa masuk ke gawang Nadeo Argawinata.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Hingga menit ke-20, Persib belum juga menciptakan peluang. Persib tampak bermain membangun serangan, sedangkan Bali beberapa kali mengandalkan serangan balik.

Pada akhirnya, tim tamu, Bali United, yang membuka skor lebih awal. Pada menit ke-25, tendangan sudut Eber Bessa diubah menjadi gol oleh Jean Mbarga Privat, Bali menang 1-0 atas Persib.

Usai kebobolan, Persib justru tampak kehilangan pola permainannya. Hingga akhir babak pertama, Bali berhasil memperbesar keunggulan lagi melalui gol yang dicetak oleh Ilja Spasojevic, skor menjadi 2-0.

Namun, usai gol tersebut, pertandingan memanas menyusul bentrokan antara full-back Persib Daisuke Sato dan bek Bali United Haudi Abdillah. Pemain dari kedua tim kemudian diprovokasi dan situasi semakin panas.

Alhasil, wasit memberi Nadeo Argawinata kartu merah karena menganggapnya sebagai provokator saat itu.

Kartu merah Nadeo datang setelah ia menerima kartu kuning kedua. Kartu kuning pertama Nadeo diberikan wasit karena sebelumnya ia melakukan pelanggaran saat berlama-lama sebelum melakukan tendangan gawang.

Setelah kartu merah, Bali menggantikan Spasojevic dengan masuknya Muhammad Ridho untuk mengisi posisi kiper yang kosong. Bali kemudian harus rela bermain dengan 10 pemain.

Memasuki babak kedua, Persib berusaha menambah kekuatan dengan mendatangkan Frets Butuan menggantikan Dedi Kusnandar. Frets langsung unggul dengan tembakan jarak jauh pada menit ke-57, namun bola masih melayang ke kiri gawang.

Akhirnya, pada menit ke-61, Persib Bandung mendapat hadiah penalti setelah pemain Bali melakukan handball di area terlarang. David Da Silva yang maju sebagai algojo pada menit ke-63 berhasil menuntaskan bola di sebelah kanan gawang Muhammad Ridho, skor menjadi 2-1.

Usai gol tersebut, Persib kerap mengunci pertahanan pemain Bali. Namun berkali-kali serangan dilancarkan, Persib masih tak mampu menyamakan keunggulan hingga menit ke-75.

Dominasi serangan yang dibangun Persib justru memberi peluang Bali United untuk melakukan serangan balik. Akhirnya pada menit ke-80, Bali memperbesar keunggulan lewat gol M Rachmat, skor berubah menjadi 3-1.

Empat menit setelah gol tersebut, Persib kembali mendapat hadiah tendangan dari titik penalti oleh pemain Bali yang kembali ke tangan di kotak penalti. Namun untuk kedua kalinya, Ridho berhasil menyelamatkan penalti David Da Silva.

Kemudian Erwin Ramdani yang masuk menggantikan Daisuke Sato berhasil mencetak gol pada menit 89. Tendangan bebas Marc Klok ke kotak penalti berhasil dihadang oleh sundulan Erwin yang tak mampu diblok Ridho. Skor menjadi 3-2.

Hingga laga usai, Persib tak mampu menyamakan kedudukan. Bali akhirnya berhasil mengumpulkan tiga poin di kandang Persib meski bermain lebih dari 45 menit dengan hanya 10 pemain.

Berbaris:

Persib Bandung: I Made Wirawan, Achmad Jufriyanto, Nick Kuipers, Daisuke Sato, Rachmat Irianto, Marc Klok, Dedi Kusnandar, Ricky Kambuaya, Febri Hariyadi, Ciro Alves, dan David Da Silva.

Cadangan: Erwin Ramdani, Abdul Aziz, Zalnando, Robi Darwis, David Rumakiek, Eriyanto, Ezra Walian, Reky Rahayu, Kakang Rudianto, Arsan Makarin, Frets Butuan dan Bayu Fiqri.

Bali United: Nadeo Argawinata, Haudi Abdillah, Ricky Fajrin, Rizky Pellu, Novri Setiawan, Eber Bessa, Brwa Nouri, Jajang Mulyana, Ilija Spasojevic, Yabes Roni dan Privat Mbarga.

Cadangan: Ramdani Lestaluhu, Rahmat, Fadil, Ardi Idrus, Ahmad Agung, Irfan Jaya, M. Ridho, Lerby Eliandry, I Gede Agus Mahendra dan Komang Tri Arta.

Reporter: Bagus Ahmad Rizaldi
Penerbit: Teguh Handoko
HAK CIPTA © DISULSEL.COM 2022



Sumber