Sulsel (DISULSEL.COM) – PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) menutup tahun 2022 dengan penjualan domestik sebanyak 89.067 unit yang mayoritas disumbangkan oleh model New Carry, disusul XL7 dan All New Ertiga.

“New Carry berhasil berkontribusi 60 persen, disusul XL7 yang berkontribusi 18 persen, dan ketiga All New Ertiga yang berkontribusi 12 persen,” kata Asst. kepada Head of Sales 4W PT SIS Randy R. Murdoko dalam keterangan resminya, Selasa.

Padahal, menurut Randy, dibandingkan bulan sebelumnya di tahun 2022, penjualan New Carry Desember lalu merupakan yang tertinggi.

Pada periode yang sama tahun sebelumnya, Januari hingga Desember 2021, kendaraan niaga yang ada slogan Penjualan “King of Trucks” meningkat 2 persen menjadi 52.322 unit.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Mengimbangi performa Suzuki New Carry Pickup, XL7 juga membukukan performa penjualan yang positif untuk mobil penumpang. Pada 2022, Suzuki XL7 mencatatkan penjualan sebanyak 15.998 unit atau meningkat 9 persen dibanding tahun sebelumnya.

Performa Suzuki juga didukung dengan hadirnya All New Ertiga. Dibandingkan bulan sebelumnya, All New Ertiga pada Desember 2022 mengalami peningkatan sebesar 18 persen.

Dari semua varian All New Ertiga, varian tersebut dibekali dengan teknologi hibrida berkontribusi 59 persen pada Desember 2022. Penjualan Ritel Varian hibrida pada bulan Desember terjadi peningkatan sebesar 7 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

Selain ketiga kontributor tersebut, Laporan Penjualan Ritel CBU Auto (sepenuhnya dibangun) Suzuki juga naik 4 persen pada 2022 menjadi 5.785 unit CBU dibandingkan tahun sebelumnya.

Model global yang menarik seperti S-Presso dan Baleno adalah dua kontributor utama peningkatan penjualan CBU Suzuki. Hal ini menunjukkan bahwa kepercayaan konsumen di Indonesia terhadap model-model yang dimiliki Suzuki Global semakin meningkat.

“Meningkatnya kebutuhan dan aktivitas atau munculnya bisnis-bisnis baru yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia membuat penjualan Suzuki tahun ini meningkat. Seiring dengan diluncurkannya model-model mobil baru Suzuki yang menarik di tahun 2022 mampu memikat hati konsumen. Menurut Suzuki, dua hal inilah yang menentukan pilihan produk Suzuki sebagai sahabat aktivitas masyarakat sehari-hari,” pungkas Rendy.

Baca juga: Suzuki mencatatkan peningkatan penjualan ritel pada November 2022

Baca juga: Maruti Suzuki menarik lebih dari 11.000 SUV Grand Vitara

Pengkhotbah:
Penerbit: Suryanto
Hak Cipta © DISULSEL.COM 2023



Sumber